fbpx

Apakah Ukuran Payudara Mempengaruhi Produksi ASI?

Photo by Jan Kaluza on Unsplash

Payudara adalah tempat untuk memproduksi ASI selama menyusui. Tidak jauh berbeda dengan puting, payudara juga memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran payudara ini seringkali menjadi tolak ukur produksi ASI. Oleh karena itu, terkadang juga muncul pertanyaan, “Apakah ukuran payudara memengaruhi produksi ASI?” Tidak sedikit juga ibu menyusui yang beranggapan bahwa semakin besar ukuran payudara, maka peluang untuk memproduksi ASI lebih besar dibandingkan dengan ukuran payudara yang kecil. Jika payudara nya kecil, ibu menyusui seringkali khawatir tidak mampu memberikan ASI Eksklusif untuk Si Kecil, padahal besar kecilnya payudara tidak memengaruhi produksi ASI.

Memang benar, pada kenyataanya ukuran payudara tidak memengaruhi produksi ASI. Karena ukuran payudara ditentukan oleh jaringan lemak yang ada di dalamnya dan tidak memengaruhi produksi ASI. Oleh karena itu, bunda tidak perlu khawatir dan tidak perlu juga untuk mempermasalahkan ukuran payudara. Selain itu, persediaan ASI juga tergantung dari kemampuan bunda untuk memproduksi ASI yang cukup. Salah satu cara untuk memproduksi ASI adalah rutin menyusui dan memompa ASI. Dengan begitu kelenjar susu akan terus merangsang tubuh bunda untuk memproduksi ASI dan merangsang saluran-saluran untuk membawa ASI keluar dari payudara.

 

Daripada bunda pusing memikirkan ukuran payudara, ada banyak hal yang harus lebih bunda perhatikan, diantaranya seperti dikutip dari laman hellosehat.com:

  1. Kehamilan dapat merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI

Salah satu tanda-tanda hamil adalah ukuran payudara yang membesar dan terasa nyeri. Ukuran payudara yang membesar tersebut terjadi karena hormon-hormon kehamilan bunda sedang merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI. Selain itu, warna areola yang menggelap serta adanya pertumbuhan jaringan lemak di payudara yang bertambah juga merupakan salah satu tanda positif bahwa bunda siap untuk menyusui.

  1. Ukuran payudara dapat mencerminkan kapasitas penyimpanan ASI

Pada dasarnya ukuran payudara tidak menjadi masalah, hanya saja terdapat perbedaan frekuensi antara ibu dengan payudara besar dan ibu dengan payudara kecil. Ibu dengan payudara besar memiliki kapasitas penyimpanan ASI yang lebih besar, oleh karena itu tidak perlu menyusui sesering mungkin. Berbeda dengan ibu yang memiliki payudara kecil. Ibu dengan payudara kecil memiliki kapasitas ASI yang lebih kecil. Oleh karena itu, frekuensi menyusui harus lebih sering agar nutrisi Si Kecil dapat terpenuhi.

  1. Ukuran payudara tidak menentukan volume ASI

Volume ASI tidak dipengaruhi oleh ukuran payudara, melainkan volume ASI dipengaruhi oleh banyaknya kelenjar susu. Kelenjar susu tersebutlah yang memiliki fungsi untuk memproduksi ASI. Bahkan ibu dengan payudara kecil dapat lebih banyak memiliki kelenjar susu dibandingkan ibu dengan payudara besar. Hal ini dapat disebabkan karena semakin besar payudara, umumnya semakin banyak pula jaringan lemaknya.

  1. Gaya hidup bisa memengaruhi produksi ASI

Tidak ada keterkaitan antara ukuran payudara dengan produksi ASI. Namun, yang dapat memengaruhi produksi ASI adalah gaya hidup bunda sendiri. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan, seperti kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, mengkonsumsi narkotika, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, minum pil KB, terlalu stress atau bahkan yang sering tidak disadari adalah pola makan yang  kurang teratur. Maka dari itu bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat selama menyusui.

            5.   Menyusui mampu memberikan manfaat

ASI adalah cairan yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Oleh karena itu ASI ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil dan juga memberi manfaat kepada ibu menyusui. ASI mampu memberikan perlindungan dari mikroba dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kesehatan ibu menyusui juga semakin meningkat. Bunda dapat terhindar dari penyakit kanker payudara dan ovarium, serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 

Faktor-faktor yang memengaruhi produksi ASI

Produksi ASI tidak dipengaruhi oleh ukuran payudara, seperti yang sudah kita bahas tadi. Namun, produksi ASI dapat disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini, dikutip dari laman sarihusada.co.id  beberapa diantaranya:

  1. Adanya perubahan hormon
  2. Asupan makanan
  3. Kondisi psikis
  4. Perawatan payudara
  5. Frekuensi bayi menyusu
  6. Pelekatan yang kurang tepat
  7. Adanya pengaruh obat-obatan
  8. Alat kontrasepsi

Jadi kesimpulannya adalah ukuran payudara tidak memengaruhi produksi ASI, akan tetapi yang memengaruhi produksi ASI salah satunya adalah banyak sedikitnya kelenjar susu yang dimiliki. Semakin banyak kelenjar susu yang dimiliki, maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, bunda perlu memerhatikan faktor-faktor yang memengaruhi produksi ASI yang sudah disebutkan diatas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

Artikel Terkait

CONNECT WITH US

Follow Us

Copyright 2019. Sahabatlactamond.com